Metode Pembelajaran CTL Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Materi Tentang Pemahaman Teks Bacaan Pada Siswa Kelas V SDN 02 Tawangsari Kecamatan Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

, Sumiyati and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2015) Metode Pembelajaran CTL Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Materi Tentang Pemahaman Teks Bacaan Pada Siswa Kelas V SDN 02 Tawangsari Kecamatan Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (10MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan materi tentang pemahaman teks bacaan pada siswa kelas V semester I SD Negeri 02 Tawangsari Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V di SD Negeri 02 Tawangsari Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran pra siklus dari 30 siswa kelas V SD Negeri 02 Tawangsari Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 hanya 12 siswa yang mencapai ketuntasan, sedang siklus III ketuntasan siswa dalam penguasaan materi teks bacaan dari 30 siswa tinggal 2 siswa atau sebanyak 7 % yang belum mencapai taraf tuntas. Dengan demikian Hipotesis tindakan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah “ Penggunaan metode pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar tentang pemahaman teks bacaan pada siswa kelas V SD Negeri 02 Tawangsari Tahun Pelajaran 2012/2013, dapat diterima dan teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode CTL, penguasaan materi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:40
Last Modified: 12 Oct 2021 03:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32884

Actions (login required)

View Item View Item