Motivasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa Mengenai Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hidayati, Wahyu Dhatun and , Drs. Sudarto HS, MM (2015) Motivasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa Mengenai Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2013 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halama Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] PDF (Bab IIII)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosen terhadap motivasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2; 2) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2; 3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosen terhadap motivasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 yang menempuh mata kuliah Dasar Akuntansi Keuangan 2, yang berjumlah 183 mahasiswa. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis regresi linier Y=49,083+ 0,351X1 + 0,284X2. Persamaan tersebut dapat dijabarkan: 1) persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosen dan fasilitas belajar dianggap konstan maka motivasi belajar akan sama dengan 49,083; 2) persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosen meningkat satu poin maka skor motivasi belajar akan meningkat sebesar 0,351; 3) fasilitas belajar meningkat satu poin maka skor motivasi belajar akan meningkat sebesar 0,284. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosen terhadap motivasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 FKIP UMS karena uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,727 > 1,981 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000; 2) ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 FKIP UMS karena uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,757 > 1,981 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000; 3) ada pengaruh yang signifikansi persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosen dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2013 FKIP UMS karena hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 46,634 > 3,074 pada taraf signifikansi 5%; 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 58,1% dan sumbangan efektif 33,8%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 8,7% dan sumbangan efektif 10,4%. Hasil perhitungan R2 diperoleh 0446, berarti persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosen dan fasilitas belajar memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 44,6%, sisanya sebesar 55,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosen, fasilitas belajar, motivasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 29 Apr 2015 08:11
Last Modified: 10 Oct 2021 15:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32878

Actions (login required)

View Item View Item