Karakter Kerja Keras Dan Percaya Diri Pada Pemain Seni Wayang Orang) (Studi Kasus Pada Pemain Seni Wayang Orang Di Gedung Wayang Orang Sriwedari)

Yunia Wati Ningsih, Indah (2015) Karakter Kerja Keras Dan Percaya Diri Pada Pemain Seni Wayang Orang) (Studi Kasus Pada Pemain Seni Wayang Orang Di Gedung Wayang Orang Sriwedari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter kerja keras pada pemain seni wayang orang, karakter percaya diri pada pemain seni wayang orang, kendala yang dihadapi dalam mewujudkan karakter kerja keras dan percaya diri pada pemain seni wayang orang, dan solusi menghadapi dalam mewujudkan karakter kerja keras dan percaya diri pada pemain seni wayang orang di Gedung Wayang Orang Sriwedari. Teknik pengumpulan data digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menerapkan model analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa karakter kerja keras pada pemain seni wayang orang: 1) menyelesaikan tugas sebaik-baiknya dan tepat waktu, 2) bersungguh-sungguh dalam bekerja, 3) tidak mudah putus asa dan pantang menyerah, dan 4) mampu mengelola waktu dengan baik. Karakter percaya diri pada pemain seni wayang: 1) percaya dengan kemampuan dirinya sendiri, 2) tidak bergantung pada orang lain, 3) tidak mudah putus asa, 4) berani menyampaikan pendapat, 5) mudah berkomunikasi dan membantu orang lain, dan 6) memiliki cita-cita untuk meraih prestasi. Kendala yang dihadapi dalam mewujudkan karakter kerja keras dan percaya diri pada pemain seni wayang orang yaitu pemain merangkap pekerjaan, penguasaan bahasa jawa dan tembang yang masih minim, serta keadaan gedung wayang orang yang memprihatinkan. Solusi menghadapi kendala dalam mewujudkan karakter kerja keras dan percaya diri pada pemain seni wayang orang yaitu yakin atas kemampuan yang dimiliki, berani tampil di depan orang banyak, selalu latihan, banyak belajar, saling memotivasi, dapat mengatur waktu dengan baik, bekerja sama berbagi tugas dan menjaga komunikasi dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter, kerja keras, percaya diri, pemain seni wayang orang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 29 Apr 2015 07:50
Last Modified: 29 Apr 2015 07:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32875

Actions (login required)

View Item View Item