Peran Orang Tua Dan Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran PKn Pada Anak (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Matesih Tahun Ajaran 2011/2012)

Andarini, Marlina Nur Indah (2015) Peran Orang Tua Dan Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran PKn Pada Anak (Studi Kasus Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Matesih Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (598kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peran orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Matesih Tahun Ajaran 2011/2012, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Matesih Tahun Ajaran 2011/2012, dan 3) Mendeskripsikan jalan keluar dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD Negeri 02 Matesih Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian adalah orang tua dari anak-anak kelas IV SD Negeri 02 Matesih Tahun Ajaran 2011/2012 yang mengalami kesulitan dalam belajar mata pelajaran PKn. Obyek penelitian adalah aspek-aspek dari subyek penelitian yang menjadi sasaran penelitian adalah kesulitan-kesulitan belajar PKn yang dialami oleh anak-anak kelas IV SD Negeri 02 Matesih Tahun Ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) Peran Orang Tua dalam Mengatasi Kesulitan Belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Matesih Tahun Ajaran 2011/2012 yaitu sebagai a) pendidik (melalui keteladanan, nasehat dan hukuman), b) pemelihara. 2) Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Kesulitan Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Matesih Tahun Ajaran 2011/2012, yaitu a) Faktor yang terdapat dalam diri siswa, antara lain: Kelemahan secara fisik, Kelemahan-kelemahan secara mental (baik kelemahan yang dibawa sejak lahir maupun karena pengalaman), b) Faktor-faktor yang terletak di luar diri siswa (situasi sekolah dan masyarakat) antara lain: a) Kurikulum yang seragam (uniform) bahan dan buku-buku sumber yang tidak sesuai dengan tingkattingkat kematangan dan perbedaan-perbedaan individu, b) Ketidaksesuaian standar administratif (sistem pengajaran) penilaian, pengelolaan kegiatan dan pengalaman belajar mengajar dan sebagainya, c) Terlalu berat beban belajar bagi siswa dan/atau mengajar bagi guru, d) Terlalu besar populasi siswa dalam kelas, terlalu banyak menuntut kegiatan di luar dan sebagainya, 3) Jalan Keluar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Matesih Tahun Ajaran 2011/2012, yaitu: a) Memperhatikan suasana hati (Mood), b) menyiapkan ruang belajar, c) terjalin komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, d) mengidentifikasi siswa yang diperkirakan mengalami kesulitan belajar. e) mengalokasikan letaknya kesulitan atau permasalahannya, dengan cara mendeteksi kesulitan belajar pada bidang studi tertentu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran orang tua, kesulitan belajar, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Apr 2015 04:35
Last Modified: 29 Apr 2015 04:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32869

Actions (login required)

View Item View Item