ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

WULANDARI , ETIK (2009) ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200050315.pdf

Download (48kB)
[img] PDF
B200050315.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian Eddy Rismanda Sembiring (2005). Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris apakah karakteristik perusahaan yaitu size perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, leverage, umur perusahaan dan kepemilikan publik berpengaruh terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan dalam laporan keuangan tahunan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006. Sampel penelitian ini sejumlah 42 perusahaan dengan metode sampling menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari analisis regresi menunjukkan bahwa nilai thitung size perusahaan sebesar 2,579 dengan probabilitas signifikansi 0,014 < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan size perusahaan terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan.Variabel profitabilitas diperoleh nilai thitung 2,097 dengan probabilitas signifikansi 0,043 < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan profitabilitas terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan. Variabel ukuran dewan komisaris diperoleh nilai thitung 0,491 dengan probabilitas signifikansi 0,626 > 0,05, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan. Variabel leverage diperoleh nilai thitung 0,792 dengan probabilitas signifikansi 0,434 > 0,05 , artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan leverage terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan. Variabel umur perusahaan (AGE) diperoleh nilai thitung -0,468 dengan probabilitas signifikansi 0,643 > 0,05, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan umur perusahaan terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan. Variabel kepemilikan publik diperoleh nilai thitung -0,302 dengan probabilitas signifikansi 0,764 > 0,05, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kepemilikan saham oleh publik terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan. Berdasarkan hasil perhitungan F statistik diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 3,483 dengan signifikansi 0,008 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara karakteristik perusahaan (size, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, leverage, umur perusahaan dan kepemilikan publik) secara bersama-sama terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indeks pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan sebesar 15,53%. Hal ini berarti tingkat pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan masih relatif rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanggungjawab Sosial Perusahaan, Size Perusahaan, Profitabilitas, Komisaris, Leverage, Umur, Kepemilikan Publik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 30 Jun 2009 07:52
Last Modified: 16 Nov 2010 15:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3284

Actions (login required)

View Item View Item