Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Di Tinjau Dari Intensitas Belajar Dan Minat Baca Pada Siswa Kelas VIII MTs N 1 Manyaran Tahun Ajaran 2013/2014

ASTUTI, RISKA UTAMI (2014) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Di Tinjau Dari Intensitas Belajar Dan Minat Baca Pada Siswa Kelas VIII MTs N 1 Manyaran Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB 1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apakah intensitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa VIII MTs N 1 Manyaran tahun ajaran 2013/2014 ? 2) Apakah minat baca berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa VIII MTs N 1 Manyaran tahun ajaran 2013/2014 ? 3) Apakah intensitas dan minat baca belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa VIII MTs N 1 Manyaran tahun ajaran 2012/2013 ? Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh iswa kelas VIII MTs N 1 Manyaran tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil sebanyak adalah 95 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 61,464 + 0, 201 X1 + 0, 204 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh intensitas belajar dan minat baca. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ” ”Ada pengaruh intensitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII di MTs N 1 Manyaran tahun ajaran 2013/2014” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,437 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,017 dengan sumbangan efektif sebesar 22,87%. 2) “ Ada pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII di MTs N 1 Manyaran tahun ajaran 2013/2014 ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,095 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,039 dengan sumbangan efektif sebesar 16,23%. 3) “ Ada pengaruh intensitas belajar dan minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII di MTs N 1 Manyaran tahun ajaran 2013/2014 ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 4,599 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,391 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh intensitas belajar dan minat baca secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi adalah sebesar 39,1%, sedangkan 60,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensitas belajar, Minat baca, dan Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 22 Apr 2015 07:59
Last Modified: 22 Apr 2015 07:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32837

Actions (login required)

View Item View Item