Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Dan Penggunaan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

MELATI, PUTRI MEKAR (2015) Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar Dan Penggunaan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap minat belajar akuntansi. 2) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap minat belajar akuntansi. 3) Pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap penggunaan metode pembelajaran terhadap minat belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 95 dengan sempel 75 yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis data menunjukkan persamaan garis linier Y = 5,620 + 0,353X1 + 0,390X2. Kesimpulan yang diproleh adalah: 1) Kelengkapan fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap minat belajar akuntansi. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui thit>ttab yaitu 2,530>1,993 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 32,7% dan sumbangan efektif sebesar 14,2%. 2) Penggunaan metode pembelajaran berpengaruh positif terhadap minat belajar akuntansi. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui thit>ttab yaitu 4,442>1,993 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 67,3% dan sumbangan efektif sebesar 43,4%. 3) Kelengkapan fasilitas belajar beserta penggunaan metode pembelajaran berpengaruh positif dapat meningkatkan minat belajar akuntansi. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda (uji F) diketahui Fhit>Ftab yaitu 27,570>3,124 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 4) Hasil perhitungan R2 diperoleh nilai sebesar 0,434 yang berati 43,4% minat belajar dipengaruhi oleh kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan metode pembelajaran, sisanya 56,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar akuntansi, kelengkapan fasilitas belajar, penggunaan metode pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 22 Apr 2015 07:48
Last Modified: 22 Apr 2015 07:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32836

Actions (login required)

View Item View Item