Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Pecahan Di SMP Negeri 2 Nogosari Boyolali

SUPRIYONO, IWAN and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Sub Pokok Bahasan Pecahan Di SMP Negeri 2 Nogosari Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (333kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara metode pembelajaran Konvensional dan Problem Based Learning pada siswa SMP Negeri 2 Nogosari Boyolali kelas VII semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 materi pecahan. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP N 2 nogosari yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang diambil sebanyak 30 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas VII-A sebanyak 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebanyak 15 siswa sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampelnya adalah teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar siswa, serta metode dokumentasi utuk mengetahui nilai ujian tengah semester I matematika siswa yang digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Tenik analisis data menggunakan analisis independent sample t-test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan Thitung = 4,602 > Ttabel = 2,048 sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan pembelajaran metode Problem Based Learning dan pembelajaran dengan metode Konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan metode Problem Based Learning mempunyai rata-rata yang lebih tinggi dari pada pembelajaran siswa yang menggunakan metode Konvensional pada sub pokok bahasan pecahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konvensional, Problem Based, Prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 22 Apr 2015 07:20
Last Modified: 17 Oct 2021 23:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32834

Actions (login required)

View Item View Item