Keputusan Pembelian Baju Batik Ditinjau Dari Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Masyarakat Surakarta Tahun 2015

Ulkhusna, Robani Wahyu and , Drs. Joko Suwandi, SE, M.Pd (2015) Keputusan Pembelian Baju Batik Ditinjau Dari Gaya Hidup Dan Kelas Sosial Masyarakat Surakarta Tahun 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (835kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian baju batik pada masyarakat Surakarta tahun 2015. 2) Pengaruh kelas sosial terhadap keputusan pembelian baju batik pada masyarakat Surakarta tahun 2015. 3) Pengaruh gaya hidup dan kelas sosial terhadap keputusan pembelian baju batik pada masyarakat Surakarta tahun 2015. Jenis penelitian ini kuantitatif asosiatif. Populasinya terbatas pada masyarakat Surakarta yang berumur 15 sampai 74 tahun berjumlah 435.598 responden dengan taraf kesalahan 5% diperoleh jumlah sampel 348, namun dalam penelitian ini penulis mengambil sampel sebanyak 150 dengan teknik sampling Porposive Sampling dan Insidental Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji-t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Gaya hidup berpengaruh positif dengan keputusan pembelian baju batik pada masyarakat Surakarta tahun 2015. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui thit>ttab yaitu 6,599>1,974 dan nilai signifikansi <0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan relatif 51,6% dan sumbangan efektif 22%. 2) Kelas sosial berpengaruh positif dengan keputusan pembelian baju batik pada masyarakat Surakarta tahun 2015. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui thit>ttab yaitu 6,352>1,974 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan relatif 48,4% dan sumbangan efektif 20,6%. 3) Gaya hidup dan kelas sosial pengaruh positif dengan keputusan pembelian baju batik pada masyarakat Surakarta tahun 2015. Berdasarkan hasil analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui Fhit>Ftab yaitu 54,625>3,058 dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,426 yang berarti 42,6% keputusan pembelian dipengaruhi oleh gaya hidup dan kelas sosial, sisanya 57,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keputusan pembelian, gaya hidup, kelas Sosial
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2015 05:24
Last Modified: 10 Oct 2021 15:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32832

Actions (login required)

View Item View Item