Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015

Kharistina, Feti Nur (2015) Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Gasal Pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (863kB)

Abstract

Tes merupakan salah satu cara untuk mengukur keberhasilan belajar siswa, dan sebagai alat untuk evaluasi kegiatan belajar mengajar guru seberapa jauh kegiatan belajar itu tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan belajar mengajar ada yang namanya penilaian. Aspek penilaian ada tiga yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Penilaian dalam aspek kognitif salah satunya dilakukan dengan cara pemberian soal atau tes. Untuk mengetahui kualitas soal maka soal perlu dilakukan analisis. Soal yang diberikan siswa belum pernah dianalisis. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektifitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kuantitatif. Penelitian ini akan dilakukan dengan cara analisis secara kualitatif yang meliputi validitas logis (isi, konstruksi dan bahasa) dan analisis secara kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah soal-soal yang dibuat oleh guru Ekonomi dikelas XI SMA Negeri 1 Kartasura. Teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi, yaitu mengumpulkan soal, kunci jawaban, dan lembar jawab siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal ditinjau dari analisis secara kualitatif validitas logis (aspekisi/materi, konstruksi dan bahasa) soal tergolong baik. Sedangkan ditinjau dari analisis secara kuantitatif bahwa soal valid 58% dan yang tidak valid 42%. Soal memiliki tingkat reliabilitas cukup yaitu 0,583.Tingkat kesukaran dalam soal yang diujikan belum seimbang antara soal yang mudah (36%), sedang (50%) sukar (14%).Daya beda soal tergolong jelak (76%). Efektifitas pengecoh pada soal yang berfungsi dengan baik 14%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis, butir soal, UAS, Ekonomi, Kelas XI, SMA N 1 Kartasura
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2015 05:07
Last Modified: 22 Apr 2015 05:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32831

Actions (login required)

View Item View Item