Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Kartu Angka Pada Anak Kelompok BKB/TK Aisyiyah Al-Amin Nusukan Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

PUTRIYANTO, NENYATI DESY and , Dra. Surtikanti, M.Pd (2015) Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Kartu Angka Pada Anak Kelompok BKB/TK Aisyiyah Al-Amin Nusukan Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (827kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (396kB)

Abstract

Media kartu angka merupakan media yang menarik dan menyenangkan untuk anak usia dini untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan. Fakta yang terjadi didalam kegiatan belajar di Taman Kanak-Kanak banyak guru yang masih menggunakan media monoton dan media yang digunakan belum dapat memotivasi anak dalam kemampuan berhitung permulaan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B di KB/TK Aisyiyah Al-Amin Nusukan, Surakarta Tahun ajaran 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (PTK) dengan prosedur kerja 2 (dua ) siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan 15 anak kelompok B KB/TK Aisyiyah Al-Amin Nusukan, Surakarta. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di KB/TK Aisyiyah Al-Amin Nusukan, Surakarta. Adapun peningkatan rata-rata prosentase kemampuan berhitung permulaan anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni prasiklus 51,66%, siklus I mencapai 60,00%, siklus II mencapai 82,66%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya penigkatan terhadap kemampuan berhitung permulaan anak melalui media kartu angka di KB/TK Aisyiyah Al-Amin Nusukan Tahun ajaran 2014-2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung permulaan, Media kartu angka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2015 07:33
Last Modified: 07 Oct 2021 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32813

Actions (login required)

View Item View Item