Analisis Kurang Berhasil Mengintegrasikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Pada SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali)

Pambayun Jati, Yurista Dwi and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2015) Analisis Kurang Berhasil Mengintegrasikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Pada SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (688kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurang berhasil mengintegrasikan karakter dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian tindakan kelas ini antara lain: 1) Kurangnya kepedulian siswa SMP Negeri 2 Sawit terhadap nilai-nilai karakter. 2) Dalam pembelajaran nilai-nilai karakter untuk matematika meliputi religius, kejujuran, kecerdasan, ketangguhan, kepedulian, demokratis, berpikirlogis, kritis, kreatif, dan inovatif, kerja keras, keingintahuan, kemandirian, bertanggungjawab dan percaya diri. 3) Kendala yang dialami sebagian guru matematika adalah kurangnya kesadaran dari siswa akan pentingnya nilai-nilai karakter dalam pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurang Berhasil Pengintegrasian, Karakter, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Apr 2015 04:40
Last Modified: 09 Oct 2021 02:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32804

Actions (login required)

View Item View Item