Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika ( PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2014/2015 )

Setiyaningsih, Rina and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2015) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika ( PTK Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Surakarta Tahun 2014/2015 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (722kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (570kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berdasarkan fungsinya dengan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Surakarta. Model pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi, teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari a) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru sebelum tindakan ada 10 siswa (31,25%) pada siklus I ada 15 siswa (46,87%) dan siklus II menjadi 25 siswa (78,12%) b) Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan ada 6 siswa (18,75%) pada siklus I ada 9 siswa (28,12%) dan siklus II menjadi 15 siswa (46,87%), c) Antusias siswa dalam mengerjakan tugas sebelum tindakan ada 14 siswa (43,75%) pada siklus I ada 17 siswa (53,12%) dan siklus II menjadi 22 siswa (68,75%). Hasil belajar siswa mencapai tuntas KKM yaitu ≥ 80 sebelum tindakan ada 14 siswa (43,75%) pada siklus I ada 19 siswa (59,37%) dan siklus II menjadi 28 siswa (87,50%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Project Based Learning, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Apr 2015 03:45
Last Modified: 09 Oct 2021 02:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32802

Actions (login required)

View Item View Item