MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LUAS BANGUN DATAR MELALUI ALAT PERAGA DI MIM MARGOMULYO KARANGANYAR ( PTK Kelas V MIM Margomulyo Karanganyar )

PURNAMA , LILIK TRI (2009) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LUAS BANGUN DATAR MELALUI ALAT PERAGA DI MIM MARGOMULYO KARANGANYAR ( PTK Kelas V MIM Margomulyo Karanganyar ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030031.pdf

Download (106kB)
[img] PDF
A410030031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat perhatian dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan luas bangun datar dengan alat peraga, (2) Mengetahui tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran luas bangun datar yang disampaikan dengan alat peraga, (3) Mengetahui apakah dengan alat peraga dapat meningkatkan kemandirian serta nilai hasil ulangan siswa dalam pelajaran matematika pada materi luas bangun datar siswa kelas V MIM Margomulyo Karanganyar. Subyek pelaksana tindakan adalah peneliti, dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, review dan dokumenter. Pada penelitian tindakan kelas ini analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan metode alur. Hasil penelitian ini adalah penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah luas bangun datar, yang meliputi : (1) Perhatian siswa yaitu pada awal penelitian sebanyak 52,38% dan pada akhir penelitian sebanyak 95,24%, (2) Kreatifitas siswa pada awal penelitian sebanyak 42,86% dan pada akhir penelitian sebanyak 90,48%, (3) Keaktifan siswa pada awal penelitian 47,62% dan pada akhir penelitian sebanyak 90,48%, (4) Kemandirian siswa pada awal penelitian sebanyak 42,86% dan pada akhir penelitian sebanyak 80,95%,(5) Hasil nilai ulangan siswa yang di atas rata-rata pada awal penelitian sebanyak 42,86% dan pada akhir penelitian sebanyak 76,19%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah luas bangun datar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, kemampuan-siswa, hasil-belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 30 Jun 2009 07:38
Last Modified: 16 Nov 2010 15:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3280

Actions (login required)

View Item View Item