Studi Analisis Terhadap Anak Hiperaktif Serta Usaha Mengatasinya Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Baturan Tahun 2014/2015

Ayu Widya, Nurfita and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M.Si. (2015) Studi Analisis Terhadap Anak Hiperaktif Serta Usaha Mengatasinya Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Baturan Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku hiperaktif serta usaha mengatasinya pada siswa kelas 2 di SD Muhammadiyah Baturan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pelaku (anak yang memiliki sikap hiperaktif). Dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa faktor yang menyebabkan anak menjadi hiperaktif adalah: 1. Faktor genetik sejak dalam kandungan 2. Intensitas kurangnya bertemu orangtua 3. Pemberian kasih sayang yang berlebihan 4. Ibu yang terlalu muda saat melahirkan si anak. Cara mengatasi anak yang mempunyai perilaku hiperaktif adalah: 1. Membina komunikasi yang baik antara sekolah dan orangtua. 2. Memberikan lebih banyak waktu untuk sang anak 3. Mengembangkan sikap sosial pada diri anak baik disekolah maupun dirumah melalui pembelajaran interaktif 4. Memberikan perhatian khusus pada anak yang dipandang perlu untuk diperhatikan 5. Semua guru dan orangtua mengusahakan memberikan contoh perilaku yang baik agar anak dapat menirunya 6. Menciptakan suasana gembira dirumah dan disekolah karena perasaan senang pada diri anak akan menyebabkan anak cenderung untuk berlaku ramah pada diri sendiri dan pada oranglain. 7. Memberikan iming – iming bila mau berperilaku baik. Kendala yang dialami oleh Bapak/Ibu guru dalam menangani anak hiperaktif adalah: 1. Aktif dalam pembelajaran 2. Emosi yang masih labil 3. Hanya diam saat pembelajaran ataupun istirahat 4. Usil sendiri dan asyik bermain dengan dunia imajinasinya pun juga ada. Cara mengatasi kendala yang dihadapi oleh Bapak/Ibu guru adalah: 1. Harus bisa bersabar lebih ekstra 2. Lebih bisa menahan diri di depan si anak 3. Harus bisa memberi perhatian perindividu 4. Bekerja sama dengan orangtua si anak

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: studi kasus, hiperaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 20 Apr 2015 07:19
Last Modified: 12 Oct 2021 01:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32794

Actions (login required)

View Item View Item