Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Think-Pair-Share (PTK Pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 22 Surakarta Semester Genap Tahun 2013/2014)

Sulisto, Sulisto and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2015) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Think-Pair-Share (PTK Pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 22 Surakarta Semester Genap Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (758kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (333kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui metode pembelajaran Think-Pair-Share siswa kelas VIID SMP Negeri 22 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIID berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Triangulasi sumber yaitu pengambilan data dari berbagai sumber, sedangkan triangulasi tehnik yaitu pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator berikut: 1) antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran dari sebelum tindakan (28,13%) menjadi (56,25%) setelah tindakan, 2) keaktifan siswa dalam bertanya kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar dari sebelum tindakan (12,5%) menjadi (46,875%) setelah tindakan, 3) keberanian siswa menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain dari sebelum tindakan (15,635%) menjadi (43,75%) setelah tindakan, 4) keberanian siswa mengerjakan soal di depan kelas dari sebelum tindakan (9,38%) menjadi (37,5) setelah tindakan, 5) ketuntasan nilai siswa dilihat dari KKM (≥70) dari sebelum tindakan (21,875%) menjadi (50%) setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran Think-Pair- Share dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 22 Surakarta semester genap tahun 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, keaktifan, Think-Pair-Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2015 04:09
Last Modified: 09 Oct 2021 02:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32784

Actions (login required)

View Item View Item