Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Al-Islam Kartasura Tahun 2014/2015

Mustofa, Rosit (2015) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Al-Islam Kartasura Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (625kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (672kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII C SMP Al-Islam Kartasura dalam pembelajaran matematika melalui strategi Discovery Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai pelaku tindakan, guru sebagai pengamat dan siswa kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa sebagai penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, dokumentasi, catatan lapangan, wawancara dan test. Teknik analisis data dilakukan dengan metode reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan ditinjau dari indikator 1) Siswa yang berani bertanya pada guru meningkat dari sebelumnya sebanyak 6 siswa (18,75%), menjadi 17 siswa (53,12%), 2) Siswa yang aktif dalam diskusi kelompok meningkat dari sebelumnya sebanyak 10 siswa (31,25%), menjadi sebanyak 23 siswa (71,875%), 3) Siswa yang berani mengerjakan soal didepan kelas meningkat dari sebelumnya sebanyak 8 siswa (25%), menjadi 20 siswa (62,50%). Sedangkan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM sebelum tindakan sebanyak 13 siswa (40,625%), meningkat menjadi 24 siswa (75%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Discovery Learning pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Hasil Belajar, Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2015 03:23
Last Modified: 18 Apr 2015 03:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32781

Actions (login required)

View Item View Item