Aspek Motivasi Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA

Wicaksono, Seto Ari and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M. Hum. and , Drs. Joko Santosa, M. Ag. (2015) Aspek Motivasi Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (914kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (617kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan latar sosial historis pengarang novel RTdW karya Tere Liye. (2) Mendeskripsikan struktur yang membangun novel RTdW karya Tere Liye. (3) Mendeskripsikan aspek motivasi yang terkandung dalam novel RTdW karya Tere Liye tinjauan Psikologi Sastra. (4) Mendeskripsikan Implementasi aspek motivasi yang terkandung dalam novel RTdW karya Tere Liye dalam pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Stategi penelitian ini adalah studi kasus terpancang. Objek dalam penelian ini adalah struktur dan aspek motivasi yang terdapat dalam novel novel RTdW karya Tere Liye. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah adalah novel RTdW karya Tere Liye. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel di internet. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik pustaka, simak, catat. Teknik validitas data dengan teknik trianggulasi teoristis. Teknik analisis data dengan pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah (1) Latar sosial historis pengarang novel RTdW diperoleh, Tere Liye sebagai pengarang novel RTdW adalah seorang penulis yang berasal dari pedalaman Sumatera Selatan, karya Tere Liye menceritakan tentang pengetahuan, moral, dan agama. (2) Struktur yang membangun novel RTdW yaitu tokoh utama dalam novel adalah Rehan, alur yang digunakan dalam novel RTdW adalah alur mundur, latar waktu dalam novel RTdW saat sedang berada di Panti asuhan dan saat mempersiapkan pencurian berlian, latar tempat berada di Jakarta, latar sosialnya orang yang mengalami nasib buruk melakukan pembenaran dengan melakukan hal-hal kejahatan. (3) Aspek motivasi dalam novel RTdW meliputi motivasi internal vs motivasi eksternal, motivasi mengejar kesenangan vs motivasi menjauhi rasa sakit, motivasi positif vs negatif, motivasi dini vs motivasi terlambat, motivasi pribadi vs motivasi orang lain, motivasi statis vs motivasi dinamis. (4) Aspek motivasi dapat diimplementasikan pada jenjang SMA/MA kelas XI/I dengan kompetensi kemampuan membaca, yaitu standar kompetensi memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/terjemahan dengan kompetensi dasar menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aspek motivasi, novel RTdW, Psikologi Sastra, dan implementasi dalam pembelajaran sastra di SMA.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2015 02:14
Last Modified: 06 Oct 2021 14:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32759

Actions (login required)

View Item View Item