Karakter Tanggung Jawab Pada Film 3600 Detik (Analisis Isi Penokohan Pemeran Utama Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan)

Muntiah, Siti (2015) Karakter Tanggung Jawab Pada Film 3600 Detik (Analisis Isi Penokohan Pemeran Utama Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (halaman depan)
03. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (4MB)
[img] PDF (BAB I)
04.BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (BAB II)
05.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (BAB III)
06.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (BAB IV)
07.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (BAB V)
08.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02.NASKAH PUBLIKASI TIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan karakter tanggung jawab pada Film 3600 Detik, 2) untuk mendeskripsikan karakter tanggung jawab pada Film 3600 Detik sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah film 3600 Detik. Objek penelitian adalah karakter tanggung jawab. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan studi kepustakaan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Karakter tanggung jawab pada Film 3600 Detik, yaitu a) Kemandirian pendidik dan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, b) Kesadaran pendidik dan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, c) Kemampuan pendidik dan peserta didik dalam menjalankan tugas dan kewajiban, 2) Karakter tanggung jawab pada Film 3600 Detik sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, yaitu film dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan sebuah pesan yang disampaikan kepada penonton. Film 3600 Detik merupakan salah satu film yang didalamnya terkandung karakter tanggung jawab, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan khususnya untuk mengajarkan karakter tanggung jawab. Karakter tanggung jawab termuat dalam Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII SMP yaitu: 2.3. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin dan tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter tanggung jawab, film, analisis isi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 15 Apr 2015 08:21
Last Modified: 15 Apr 2015 08:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32741

Actions (login required)

View Item View Item