Peranan Kegiatan Morning Spiritual Gathering (Msg) Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Pada Guru Di Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo (Studi Kasus Di Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015)

Jumaidi, Jumaidi (2015) Peranan Kegiatan Morning Spiritual Gathering (Msg) Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Pada Guru Di Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo (Studi Kasus Di Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (518kB)

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mendeskripsikan peranan, kendala dan solusi terhadap kendala kegiatan Morning Spiritual Gathering (MSG) dalam mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada guru di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jenis pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu hasil temuanya untuk memberikan gambaran berkaitan peranan kegiatan Morning Spiritual Gathering (MSG) dalam mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada guru di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu melalui triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan kegiatan Morning Spiritual Gathering (MSG) dalam pengembangan karakter disiplin dilakukan dengan menumbuhkan kesadaran, memenajemen waktu dengan baik, saling mengawasi antar guru, saling mengingatkan antar guru, kepala sekolah memberikan tauladan baik, keterbukaaan terhadap kendala yang dihadapi, membuat jadwal dengan rapi dan sistematis, dan pendekatan sanksi bagi yang tidak sesuai dengan peraturan. Kendala pengembangan karakter disiplin yaitu karakter guru yang berbeda-beda, guru mengantar anak ke sekolah telebih dahulu, guru kurang dapat memanajemen waktu dengan baik, ada tugas di luar sekolah, dan kendaraan guru yang kurang memadai. Solusi terhadap kendala pengembangan karakter disiplin yaitu guru dipanggil dan diberikan pemahaman biar lebih optimal lagi dalam memanajeman waktu oleh kepala sekolah, pihak ketenagaan mengingatkan guru yang sering terlambat, adanya sanksi, dan membudayakan rasa malu tidak disiplin di lingkungan sekolah. Peranan kegiatan Morning Spiritual Gathering (MSG) dalam pengembangan karakter tanggung jawab dilakukan dengan menyiapkan peran petugas masing-masing dalam kegiatan, latihan dan persiapan sebelum menjadi petugas, memberikan laporan ketika ada kendala, kebersamaan untuk mengikuti kegiatan, memberikan motivasi berkenaan dengan materi pada kegiatan, saling bertukar informasi antar guru, koordinasi dengan berbagai pembagian tugas yang ada di sekolah dan memberikan pengarahan jika ada kesalahan, serta ketegasan dari kepala sekolah jika guru kurang bertanggung jawab. Kendala pengembangan karakter tanggung jawab yaitu beberapa guru kurang xxiv kesadaran dari masing-masing pribadi, ikut-ikutan teman guru yang kurang baik, tidak mengikuti kegiatan secara rutin, kegiatan pribadi yang cukup padat. Solusi terhadap kendala pengembangan karakter tanggung jawab yaitu kepala sekolah memanggil guru untuk diajak komunikasi dan ditanya berkaitan kendala masingmasing pribadi, memberikan nasihat untuk menjadikan guru sadar untuk tanggung jawab, didiskusikan dengan teman untuk pemecahan kendala, dan ketegasan kepala sekolah sebagai pemimpin jika ada guru yang kurang bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, karakter, disiplin, tanggung jawab, Morning Spiritual Gathering (MSG),
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 15 Apr 2015 08:11
Last Modified: 15 Apr 2015 08:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32738

Actions (login required)

View Item View Item