Fenomena Radikalisme Gerakan Isis Di Indonesia (Analisis Isi Terhadap Berita Pada Media Online Mengenai Gerakan Isis Di Indonesia)

Aryani, Devi (2015) Fenomena Radikalisme Gerakan Isis Di Indonesia (Analisis Isi Terhadap Berita Pada Media Online Mengenai Gerakan Isis Di Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI .pdf

Download (386kB)

Abstract

Media online sebagai sarana untuk mengakses informasi bagi masyarakat memiliki banyak manfaat dan banyak digunakan untuk mencari berita. Hal tersebut bisa dilihat dengan lebih populernya media online di kalangan masyarakat. Berbagai berita baik politik, ekonomi, sosial maupun agama dapat dengan mudah diakses pada situs-situs berita media online. Berita mengenai fenomena gerakan ISIS di Indonesia pun dapat dengan mudah diakses melalui media online. Berbagai situs berita ramai memberitakan fenomena gerakan ISIS di Indonesia bahkan menjadi trending topik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan isi berita Fenomena Radikalisme Gerakan ISIS di Indonesia pada media online yang dimuat pada bulan Agustus 2014 sampai dengan bulan Desember 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah media online. Objek dalam penelitian ini adalah isi berita mengenai Fenomena Radikalisme Gerakan ISIS di Indonesia. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif Sumber data dalam penelitian ini adalah situs berita pada media online. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi .Uji Keabsahan data dalam penelitian ini dengan mencari isi berita mengenai radikalisme gerakan ISIS pada media online. Sedangkan analisis datanya menggunakan content analysis pada media online mengenai gerakan ISIS di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan isi berita pada media online yang menjelaskan bahwa semenjak kemunculannya di Indonesia gerakan ISIS lebih dikenal sebagai kelompok radikal yang berkedok agama. Gerakan ISIS bukanlah kelompok yang memperjuangkan Islam sesungguhnya. Tindakan-tindakan ekstrim yang dilakukannya di Irak dan Suriah tidak mencerminkan sebagai kelompok yang berasal dari rahim umat Islam tetapi merupakan kelompok yang telah mencoreng Islam sebagai agama rahmatanlilalamin. Berita pada media online menjelaskann bahwa gerakan ISIS di Indonesia dapat mengancam Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Media online yang digunakan sebagai subjek dalam penelitian ini dengan metode analisis isi dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian serupa, juga sebagai media mencari informasi untuk mengetahui berita mengenai gerakan ISIS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fenomena gerakan ISIS, radikalisme, Berita, Media online.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 15 Apr 2015 08:05
Last Modified: 15 Apr 2015 08:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32737

Actions (login required)

View Item View Item