Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pelaksanaan Shalat Fardlu Pada Siswa SMK Muhammadiyah 01 Boyolali Tahun 2014 / 2015

RACHMAN, AULIA (2014) Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Pelaksanaan Shalat Fardlu Pada Siswa SMK Muhammadiyah 01 Boyolali Tahun 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
7 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab VI)
9. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (496kB)

Abstract

Pendidikan agama Islam sebagai mata pelajaran di sekolah mempunyai peranan penting dalam menanamkan rasa taqwa kepada Allah SWT. Oleh karenanya, pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah tidak hanya diberikan berupa materi-materi saja tetapi juga mengadakan praktik seperti shalat. Siswa di SMK Muhammadiyah 01 Boyolali dalam bidang praktek pelaksanaan ibadah terutama praktek shalat fardlu mempunyai hambatan, yaitu rendahnya semangat melaksanakan shalat fardlu. Pendidikan agama Islam yang telah diberikan kepada para siswa tidak menjadikan sebagian siswa mau mengamalkan praktek-praktek ibadah seperti shalat. Hal ini terbukti masih ada sebagian siswa yang tidak mau melaksanakan shalat atau sering menunda-nunda waktu shalat. Maka dalam hal ini penulis akan meneliti pengaruh pendidikan agama Islam terhadap pelaksanaan shalat fardlu pada siswa SMK Muhammadiyah 01 Boyolali. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis dapat merumuskan masalah bagaimana pengaruh pelaksanaan pendidikan agama Islam terhadap shalat fardlu siswa di SMK Muhammadiyah 01 Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan pembelajaran agama Islam terhadap shalat fardlu siswa di SMK Muhammadiyah 01 Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Manfaat penelitan ini secara teoritis penelitian ini berupaya membuktikan teori-teori yang sudah ada guna menambah perbendaharaan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan. Sedangkan manfaat praktis untuk menambah khazanah keilmuan dalam bidang pendidikan dan sebagai pertimbangan bagi peneliti berikutnya untuk meneliti atau membahas pada aspek lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode penulisan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara (interview), dan angket. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan menganalisis secara induktif Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pendidikan agama Islam terhadap pelaksanaan shalat fardlu pada siswa SMK Muhammadiyah 01 Boyolali dapat dipengaruh melalui : pemahaman materi yang disampaikan oleh guru kepada siswa, siswa yang paham tentang apa yang diajarkan oleh guru agama di sekolah akan cenderung lebih rajin untuk melaksanakan shalat fardlu tepat pada waktunya, melalui evaluasi yaitu dengan mengadakan ujian tulis dan ujian praktek, melalui bimbingan dan pengawasan guru, artinya siswa selalu dibimbing dan selalu diawasi oleh guru untuk selalu melaksanakan shalat fardlu tepat pada waktunya ketika di sekolah, serta suri teladan guru kepada siswa, guru memberikan contoh terlebih dahulu kepada para siswa agar para siswa lebih memahami dan mau mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Pendidikan Agama Islam, Shalat Fardlu
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 15 Apr 2015 07:36
Last Modified: 15 Apr 2015 07:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32731

Actions (login required)

View Item View Item