Penerapan Media Vitural Compact Disk (VCD) Pada Pembelajaran Shalat Kelas VII B MTS Ma’arif 11 Tokawi Nawangan Pacitan Jawa Timur

, Rianingsih and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Syaifuddin Zuhri, M.Ag. (2014) Penerapan Media Vitural Compact Disk (VCD) Pada Pembelajaran Shalat Kelas VII B MTS Ma’arif 11 Tokawi Nawangan Pacitan Jawa Timur. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (894kB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini penggunaan media dalam pembelajaran, khususnya media audio visual, merupakan kebutuhan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Menurunnya mutu pendidikan disinyalir karena rendahnya mutu pembelajaran di dalam kelas. Salah satu faktor ketidakberhasilan dalam proses pembelajaran adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, baik yang tersedia di sekolah maupun yang disengaja dirancang oleh guru. Media audio visual semacam Vitural Compact Disk (VCD) pembelajaran mampu membuat konsep yang abstrak menjadi lebih konkrit dan meningkatkan daya serap peserta didik terhadap materi pembelajaran, karena VCD tersebut menggabungkan suara, gambar, atau animasi, dan video. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masaah penelitian ini adalah bagaimana penerapan media VCD pada pembelajaran shalat kelas VII B MTs Ma’arif 11 Tokawi Nawangan serta apa fungsi, manfaat dan keunggulan media tersebut. Dengan demikian, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan media VCD pada pembelajaran shalat kelas VII B MTs Ma’arif 11 Tokawi Nawangan serta fungsi, manfaat, dan keunggulan media tersebut. Adapun kegunaan penelitian ini untuk menambah khasanah keilmuan terutama dalam penerapan media pada pembelajaran agama serta dapat memberikan motivasi, saran dan petunjuk untuk mengembangkan pembelajaran yang menarik bagi guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media VCD pada pembelajaran shalat dilakukan di ruang perpustakaan karena belum tersedianya ruang media. Pembelajaran tersebut dilaksanakan satu kali tatap muka dengan 3 (tiga) angkah, yaitu: (1) pendahuluan, yaitu pembukaan, appersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran; (2) kegiatan inti, yaitu pelaksanaan pembelajaran dengan media VCD; dan (3) penutup, yaitu pemberian post test, kesimpulan dan motivasi. Penerapan media VCD pada pembelajaran shalat kelas VII B berjalan dengan baik, terbukti mampu memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan perhatian peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Vitural Compact Disk, Pembelajaran Shalat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 15 Apr 2015 07:20
Last Modified: 19 Oct 2021 14:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32729

Actions (login required)

View Item View Item