Perancangan Aplikasi Penjualan Batik Berbasis Android (Studi Kasus di Batik Puspa Kencana, Laweyan, Solo)

Sholih, Fachrul Barry and , Dr. Ir. Bana Handaga, M.T. (2014) Perancangan Aplikasi Penjualan Batik Berbasis Android (Studi Kasus di Batik Puspa Kencana, Laweyan, Solo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (7MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (6MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang kian lama semakin meningkat mendorong sifat manusia untuk memanfaatkan dan menggunakan teknologi dengan sebaik-baiknya. Munculnya berbagai jenis perangkat elektronik dan aplikasi-aplikasi yang semakin berkembang serta berkembangnya internet yang sekarang dapat di nikmati hampir bisa di mana saja. Selain itu munculnya sistem operasi mobile yang bernama Android yang memiliki performa dan kinerja yang layak dengan sebutan smartphone bagi ponsel yang menggunakan sistem operasi tersebut. Dengan perkembangan jaman yang semakin pesat dapat dimanfaatkan untuk media periklanan dan media informasi untuk mengenalkan dan membuat jaringan yang lebih luas bagi Batik Puspa Kencana. Oleh karena itu penulis berinisiatif untuk membuat aplikasi Perancangan Aplikasi Penjualan Batik Berbasis Android (Studi Kasus di Batik Puspa Kencana Laweyan, Solo) yang di harapkan dapat membantu dalam pengenalan, media jual-beli, serta dapat membuka jaringan yang lebih luas bagi Batik Puspa Kencana. Aplikasi ini berisi informasi-informasi tentang Batik Puspa Kencana, produkproduk yang terdapat di sana, serta terdapat media jual-beli secara online yang dapat digunakan pengguna untuk memesan produk-produk batik di Batik Puspa Kencana. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah dengan menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) Waterfall. Kemudian perancangan dilakukan dengan proses UML (Unfied Modelling Language) dengan use case diagram, flowchart kemudian di terapkan kedalam aplikasi menggunakan Eclipse serta ADT (Android Development Tool) untuk pembuatan aplikasi berbasis android. Hasil yang diperoleh berdasarkan kuisioner yang dilakukan kepada 11 responden yang terdiri dari 3 penjual dan 8 pembeli terhadap aplikasi didapatkan Presentase Interpretasi sebesar 92% dari responden penjual dan 87% dari responden pembeli. Dengan demikian dapat diambil rata-rata dari kedua presentase interpretasi keduanya yaitu 89,5% bahwa aplikasi yang telah dibuat dapat bermanfaat untuk membantu sistem penjualan di Batik Puspa Kencana.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: android, penjualan, batik, teknologi informasi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2015 06:57
Last Modified: 19 Oct 2021 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32728

Actions (login required)

View Item View Item