Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Coping Stress Pada Siswa Akselerasi

Devi Dhamar Sakti, Evita and , Wiwin Dinar Pratisti, M.Si. (2015) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Coping Stress Pada Siswa Akselerasi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (861kB)

Abstract

Siswa akselerasi merupakan siswa berbakat yang mengikuti program percepatan belajar dengan menempuh studi dalam waktu yang lebih singkat dari siswa regular. Sehingga siswa akselerasi dituntut untuk menguasai materi dengan waktu singkat serta dituntut untuk selalu berprestasi sesuai dengan ketentuan yang ada. Siswa akselerasi tingkat SMA berada pada rentang usia remaja, yang dituntut untuk menyelesaikan tugas-tugas di masa perkembangan remaja pada umumnya. Dengan begitu siswa SMA akselerasi berada pada situasi yang penuh dengan tuntutan, sehingga dapat mengakibatkan siswa rentan terhadap stres. Siswa akselerasi memerlukan dukungan sosial untuk meningkatkan coping stress, supaya siswa memiliki kemampuan yang baik dalam menyelesaikan setiap masalah yang sedang dihadapi. Sehingga selain memiliki kecerdasan IQ, siswa juga memiliki kecerdasan pada kemampuan menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan coping stress pada siswa akselerasi. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara dukungan sosial dengan coping stress pada siswa akselerasi. Subjek penelitian ini adalah siswa akselerasi SMAN 1 Klaten, SMAN 1 Sukoharjo, dan SMAN 1 Boyolali. Subjek yang diambil berjumlah 55 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengambilan data dengan menggunakan skala coping stress dan dukungan sosial yang kemudian dianalisis dengan menggunakan kolerasi product moment dengan bantuan aplikasi SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan coping stress pada siswa akselerasi, dimana nilai koefisien kolerasi (r) sebesar 0,697; p = 0,000 (p < 0,01). Sumbangan efektif variabel dukungan sosial dengan coping stress sebesar 48,6 %, dengan koefisien determinan (R²) sebesar 0,486. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa variabel coping stress mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 126,80 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 95 yang menunjukkan kategori tinggi, sedangkan variabel dukungan sosial mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 99,13 dan rerata hipotetik (RH) 75 sebesar yang menunjukkan kategori tinggi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: coping stress, dukungan sosial, siswa akselerasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 14 Apr 2015 07:30
Last Modified: 11 Oct 2021 13:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32718

Actions (login required)

View Item View Item