Pola Kesantunan Direktif Di Kalangan Pemuda Berlatar Belakang Budaya Jawa Dalam Interaksi Sosial Dengan Orang Tua Di Kecamatan Tanon

ISTIANA, NUNIK TRI and , Prof. Dr. H. Harun Joko Prayitno, M. Hum. (2015) Pola Kesantunan Direktif Di Kalangan Pemuda Berlatar Belakang Budaya Jawa Dalam Interaksi Sosial Dengan Orang Tua Di Kecamatan Tanon. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesantunan tindak tutur drektif dan pola kesantunan berdasarkan skala pragmatik yang terjadi di kalangan pemuda berlatar belakang budaya Jawa dalam interaksi sosial dengan orang tua di Kecamatan Tanon. Data penelitian berupa satuan lingual dalam bentuk kata, frasa, klausa, maupun kalimat pada tindak tutur direktif yang mengandung kesantunan di kalangan pemuda dalam interaksi sosial dengan orang tua. Analisis data menggunakan teknik padan pragmatis, dengan hasil kajian tergantung dari penafsiran mitra tutur itu sendiri. Hasil temuan dapat disimpulkan bahwa, berdasarkan kajian mengenai bentuk tindak tutur direktif peneliti menemukan bentuk tindak tutur direktif memerintah 3 tuturan, meminta 13 tuturan (meminta berupa ungkapan permintaan 3 tuturan, ungkapan permintaan berdasarkan penanda implisit 5 tuturan, ungkapan penawaran 2 tuturan, ungkapan harapan 2 tuturan, ungkapan permohonan 1 tuturan). Bentuk tindak tutur direktif memberi nasihat ditemukan 10 tuturan dengan rincian, memberi nasihat berupa masukan 4 tuturan, berupa rekomendasi 1 tuturan, nasihat berupa peringatan 5 tuturan. Sedangkan hasil temuan mengenai skala kesantunan, yaitu berdasarkan skala untung-rugi ditemukan 13 tuturan memiliki tingkat kesantunan yang baik, 6 tuturan memiliki tingkat kesantunan yang sedang, dan 7 data memiliki kesantunan yang rendah. Sementara berdasarkan skala kemanasukaan, peneliti menemukan 8 tuturan yang memiliki tingkat kesantunan yang baik, sedangkan 18 tuturan memiliki tingkat kesantunan yang rendah. Terakhir, berdasarkan skala ketaklangsungan peneliti menemukan 7 tuturan memiliki tingkat kesantunan yang baik dan 19 tuturan lainnya memiliki tingkat kesantunan yang rendah. Berkaitan dengan skala ketaklangsungan ditemukan 23 tuturan yang dipengaruhi adanya jarak sosial karena unsur keakraban dan rentang usia serta 3 tuturan dipengaruhi adanya otoritas atau wewenang. Kata kunci: direktif, pragmatik, dan skala kesantunan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: direktif, pragmatik, dan skala kesantunan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 13 Apr 2015 11:48
Last Modified: 06 Oct 2021 13:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32709

Actions (login required)

View Item View Item