Pengaruh Strategi Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Siswa Kelas V SD N Kestalan No. 05 Surakarta Tahun 2014/2015

Cahya Septiadi, Utha (2015) Pengaruh Strategi Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Siswa Kelas V SD N Kestalan No. 05 Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
halaman awal.pdf

Download (265kB)
[img] PDF (Bab I)
bab 1.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] PDF (Bab V)
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya pengaruh penggunaan strategi bermain peran terhadap hasil belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V SD N Kestalan No. 05 Surakarta tahun 2014/ 2015. 2) Seberapa besar pengaruh strategi bermain peran terhadap hasil belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V SD N Kestalan No. 05 Surakarta tahun 2014/ 2015. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Kestalan No. 05 berjumlah 74 siswa. Digunakan teknik purposive sampling dengan sampel siswa kelas VA berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung < -ttabel yaitu -2,56 < -2,026, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi bermain peran terhadap hasil belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V SD N Kestalan No. 05 Surakarta. 2) Dari perhitungan effect size ditarik kesimpulan bahwa penggunaan strategi bermain peran memberikan pengaruh sebesar 41,15 % terhadap hasil belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V di SD N Kestalan No. 05 Surakarta tahun 2014/ 2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi bermain peran, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 13 Apr 2015 08:20
Last Modified: 13 Apr 2015 08:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32705

Actions (login required)

View Item View Item