Pengaruh Performa Guru Dan Variasi Metode Pengajaran Terhadap Mutu Pembelajaran PPKn Siswa Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

Haris, Muhammad Taufiq (2014) Pengaruh Performa Guru Dan Variasi Metode Pengajaran Terhadap Mutu Pembelajaran PPKn Siswa Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh performa guru dan variasi metode pengajaran terhadap mutu pembelajaran PPKn siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah semua siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 240 siswa dan sampel penelitian 70 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket untuk data performa guru dan variasi metode pengajaran terhadap mutu pembelajaran. Dalam penelitian ini data yang terkumpul kemudian dianalisis regresi dua prediktor, Hasil perhitungan regresi dengan nilai Fhitung = 46.061; Ftabel = 3,23 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh performa guru dan variasi metode pengajaran secara simultan terhadap mutu pembelajaran PPKN siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 dapat diterima. Hasil analisis uji secara parsial pada variabel performa guru sebesar thitung = 5.123 > ttabel = 1,96, yang disimpulkan performa guru berpengaruh secara parsial terhadap mutu pembelajaran. Variabel metode pengajaran, diperoleh nilai thitung = 2.785 >ttabel = 1,96, sehingga variasi metode pengajaran berpengaruh secara parsial terhadap serta mutu pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variable performa guru mempunyai sumbangan efektif sebesar 38,51%, sedangkan pada variable variasi metode pengajaran mempunyai sumbangan efektif sebesar 18,49%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang performa guru dan variasi metode pengajaran secara simultan terhadap mutu pembelajaran PPKN siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Semakin baik performa guru dan variasi metode pengajaran semakin baik pula mutu pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: performa guru, variasi metode pengajaran mutu pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2015 04:01
Last Modified: 13 Apr 2015 04:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32697

Actions (login required)

View Item View Item