Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Dalam Tema Indahnya Negeriku Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kalisoro Tahun Pelajaran 2014/2015

Pratiwi, Wening Cahyo (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Dalam Tema Indahnya Negeriku Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kalisoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (131kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (186kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan dalam tema Indahnya Negeriku dengan Menggunakan Media Gambar Seri pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalisoro pada tahun 2014/2015. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Kalisoro 1 berjumlah 21 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik deskriptif komparatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan menggunakan media Gambar seri di SD Negeri 1 Kalisoro. Pada siklus I pertemuan ke-1 keterampilan menulis karangan pada siswa mencapai 38.09% (11 siswa yang sudah mencapai KKM dari 21 siswa), mengalami peningkatan tetapi belum signifikan pada siklus I pertemuan ke-2 menjadi 47,61%(11 siswa yang sudah mencapai KKM dari 21 siswa). Pada siklus II pertemuan ke-1 peningkatan prosentase keterampilan menulis karangan menjadi 71,42% (15 siswa yang sudah mencapai KKM dari 21 siswa). Adapun peningkatan prosentase pada siklus II pertemuan ke-2 menjadi 90.47% (19 siswa yang sudah mencapai KKM dari 21 siswa). Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media benda Gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan tema indahnya negeriku dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas IV negeri 1 Kalisoro tahun pelajaran 2014/2015

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis , Media , Gambar Seri
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 07 Apr 2015 08:40
Last Modified: 07 Apr 2015 08:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32651

Actions (login required)

View Item View Item