Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntannsi Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sapuran Tahun Ajaran 2013/2014

SETIYANTO, Rofi (2014) Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntannsi Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sapuran Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
A HALAMAN DEPAN.pdf

Download (733kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar akuntansi; 2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi; 3) pengaruh prestasi belejar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akutansi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Sapuran Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 110 Siswa. Sampel yang diambil sebesar 84 Siswa dengan Teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sebelumnya angket diuji cobakan terlebih dahulu dan diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji R2, serta sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi linear berganda memperoleh persamaan garis regresi Y = 57,927 + 0,199X1 + 0,082X2. Persamaan menunjukkan bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah : 1) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Uji t diperoleh sebesar thit > ttab yaitu 6,658 > 1,990 (α=5%) dengan nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,000. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belejar akuntansi dengan diperoleh uji t sebesar t hit > t tab yaitu 3,571 > 1,990 (α=5%) dengan nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,001. 3) lingkungan keluarga dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi dengan hasil uji F diperoleh Fhit > Ftab yaitu 48,521 > 3,109 (α=5%). 4) Variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 70,2% dan sumbangan efektif sebesar 38,3%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 29,8% dan sumbangan efektif sebesar 16,2%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh sebesar 0,545 yang berarti 54,5% prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan motivasi belajar, selanjutnya 45,5% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prestasi belejar akuntansi, lingkungan keluarga, motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 06 Apr 2015 08:44
Last Modified: 06 Apr 2015 08:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32643

Actions (login required)

View Item View Item