Penerapan Strategi Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Tema Indahnya Negeriku pada Siswa Kelas IV A SD Negeri Girimargo 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015

Atmawati, Wahyu Tri and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Tema Indahnya Negeriku pada Siswa Kelas IV A SD Negeri Girimargo 1 Kecamatan Miri Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (255kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (144kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri Girimargo 1 melalui strategi pembelajaran Team Games Tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV A sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yaitu reduksi data, deskripsi data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh selama tindakan, dapat dijelaskan bahwa: Adanya hasrat dan keinginan berhasil pada sebelum tindakan 19,23%, siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 88%. Tekun menghadapi tugas sebelum tindakan sebesar 26,92%, siklus Isebesar 42,31%, siklus II sebesar 80%. Ulet menghadapi kesulitan sebelum tindakan sebesar 15,38%, siklus I sebesar 38,46%, siklus II sebesar 80%. Senang dan rajin belajar sebelum tindakan sebesar 26,92%, siklus Isebesar 42,31%, siklus II sebesar 84%. Penuh semangat sebelum tindakan sebesar 23,08%, siklus I sebesar 46,15%, siklus II sebesar 88%.Sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada kondisi awal siswa yang tuntas sebesar 38.46%, siklus I sebesar 59.62% dan pada siklus II sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar tema Indahnya Negeriku pada siswa kelas IV A SD Negeri Girimargo 1 tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Team Games Tournament
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 06 Apr 2015 07:39
Last Modified: 11 Oct 2021 20:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32637

Actions (login required)

View Item View Item