Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Strategi Reading Aloud pada Tema 4 Subtema 1 Siswa Kelas 1 SDN Bratan 2 Tahun Pelajaran 2014/2015

Wulan, Endang Tri Antoko and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2015) Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Strategi Reading Aloud pada Tema 4 Subtema 1 Siswa Kelas 1 SDN Bratan 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca siswa kelas I dengan penerapan strategi Reading Aloud dalam pembelajaran pada tema 4 Subtema I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I dan siswa kelas I SDN Bratan 2 tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pra siklus terdapat 8 siswa (25%) yang telah memiliki keterampilan membaca yang baik. Setelah adanya tindakan Siklus I pertemuan ke-1 terdapat 13 siswa (41%) yang telah memiliki keterampilan membaca yang baik. Pada Siklus I pertemuan ke-2 terdapat 23 siswa (72%) yang telah memiliki keterampilan membaca yang baik. Pada Siklus II pertemuan ke-1 terdapat sebanyak 24 siswa (75%) yang telah memiliki keterampilan membaca yang baik dan pada Siklus II pertemuan ke-2 terdapat 28 siswa (88%) yang sudah memiliki keterampilan membaca yang baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Reading Aloud pada tema 4 subtema I dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca, strategi reading aloud, tema 4 subtema I
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 06 Apr 2015 07:19
Last Modified: 11 Oct 2021 20:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32633

Actions (login required)

View Item View Item