Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dalam Pembelajaran Tema Hidup Rukun Melalui Metode Make a Match di Kelas II SD N 3 Pilangpayung Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014 / 2015

Yuliana, Yuliana and , Drs. M. Yahya, M.Si (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dalam Pembelajaran Tema Hidup Rukun Melalui Metode Make a Match di Kelas II SD N 3 Pilangpayung Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
2 ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (492kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3. Halaman Depan.pdf

Download (857kB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan bahwa kemampuan membaca dalam pembelajaran tema Hidup rukun dapat ditingkatkan melalui metode make a match. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru kelas II dan siswa kelas II sebanyak 28 siswa. Sumber data yang digunakan: (1) data yang bersumber dari siswa, mengenai kemampuan membaca, (2) data yang bersumber dari guru, penerapan metode make a match, (3) data yang bersumber dari situasi kelas saat pembelajaran berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) observasi, (2) dokumentasi, dan (3) catatan lapangan. Teknik validasi data menggunakan: (1) kemampuan membaca siswa menggunakan teknik Triangulasi Sumber, (2) metode make a match menggunakan Triangulasi Teknik. Teknik analisis data menggunakan: (1) analisis komparatif, (2) analisis kritis. Prosedur penelitian meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: (1) terdapat peningkatan kemampuan membaca siswa yang ditandai dengan (a) kemampuan efektif membaca, (b) ketepatan, dan (c) kelancaran. Terlihat dalam pencapaian indikator yang mengalami peningkatan dari prasiklus sampai siklus II. Dari rata- rata hanya 29%, naik menjadi 58% pada siklus I, dan menjadi 84% pada akhir siklus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, membaca, make a match
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 02 Apr 2015 08:36
Last Modified: 10 Oct 2021 22:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32623

Actions (login required)

View Item View Item