Peningkatan Keaktifan Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Tema Pengalaman Melalui Penerapan Metode Pjbl Demonstrasi Pembuatan Jam Dari Kardus Pada Siswa Kelas Iii Semester I Sdn 4 Ketro tvTahun 2014 / 2015

RAHAYU, NURKHAYATI PUJI and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2015) Peningkatan Keaktifan Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Tema Pengalaman Melalui Penerapan Metode Pjbl Demonstrasi Pembuatan Jam Dari Kardus Pada Siswa Kelas Iii Semester I Sdn 4 Ketro tvTahun 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Manuscript publication)
02 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Front page)
03 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (584kB)
[img] PDF (Chapter I)
04 BAB I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Chapter II)
05 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Chapter III)
06 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Chapter IV)
07 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Chapter V)
08 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (References)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Appendix)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Yang Dilakukan Di Kelas III SDN 4 Ketro Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan Menunjukkan Adanya Permasalahan Yang Muncul Dalam Proses Pembelajaran. Masalah Yang Muncul Tersebut Diantaranya Bahwa Siswa Pada Saat Pembelajaran Masih Pasif, Tidak Semangat, Mengantuk,Dan Tidak Konsentrasi. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Tema Pengalaman Menggunakan Metode Pjbl Demonstrasi Di SDN 4 Ketro,. Penelitian Ini Menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek Penelitian Ini Adalah Siswa Dan Guru Kelas III SDN 4 Ketro, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Dalam Dua Siklus. Metode Pengumpulan Data Digunakan Teknik Observasi, Wawancara, Tes Dan Dokumentasi. Teknis Analisis Data Yang Digunakan Adalah Teknik Analisis Data Deskriptif. Dari Hasil Tindakan Siklus I Sampai Siklus II Terjadi Peningkatan Keaktifan Belajar Tema Pengalaman Yang Didapat Dari Siswa. Pada Siklus I Tingkat Keaktifan Belajar Siswa Yaitu 60,23%, Sedangkan Pada Siklus II Tingkat Keaktifan Belajar Siswa Mencapai 85,12%. Hal Ini Menyatakan Bahwa Ada Peningkatan Sebanyak 24,98 % Dari Siklus I Ke Silkus II. Dari Data Di Atas Dapat Disimpulkan Bahwa Dengan Menggunakan Metode Pjbl Demonstrasi Pada Tema Pengalaman Dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar Tema Pengalaman Pada Siswa Kelas III SDN 4 Ketro Semester I, Kecamatan Karangrayung, KabupatenGrobogan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, belajar, metode PjBL , demonstrasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2015 04:42
Last Modified: 10 Oct 2021 21:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32608

Actions (login required)

View Item View Item