Peningkatan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Tema Kegiatanku Melalui Media Buku Tulis Bergaris Pada Siswa Kelas I Semester 1 Sd Negeri 2 Bologarang Tahun Pelajaran 2014 / 2015

SISWATININGSIH, ENDANG (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Tema Kegiatanku Melalui Media Buku Tulis Bergaris Pada Siswa Kelas I Semester 1 Sd Negeri 2 Bologarang Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front page)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Chapter I)
3. BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Chapter II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Chapter III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Chapter IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Chapter V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (References)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Appendix)
9. LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Manuscript publication)
9RR. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (779kB)

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Melalui Media Buku Tulis Bergaris. Penelitian Ini Berdasarkan Permasalahan Bagaimanakah Penerapan Penggunaan Media Buku Tulis Bergaris Dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Tema Kegiatanku Pada Siswa Kelas I Semester 1 SD Negeri 2 Bologarang Tahun Pelajaran 2014/2015?. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas I SD Negeri 2 Bologarang. Menulis Merupakan Suatu Keterampilan Yang Harus Dikuasai Oleh Siswa Sekolah Terutama Pada Siswa Kelas I SD, Karena Akan Sangat Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Selanjutnya. Kemampuan Menulis Dengan Benar Bagi Siswa Kelas I SD Tidaklah Mudah, Perlu Metode Dan Media Yang Tepat Serta Bimbingan Yang Efektif Sehingga Siswa Tidak Terlanjur Memiliki Kemampuan Menulis Yang Salah. Peneliti Yang Merupakan Guru Kelas I Dalam Penelitiannya Dibantu Oleh Seorang Guru Pamong Sebagai Supervisor/Observer. Penelitian Ini Dilakukan Mulai Bulan September Hingga Bulan November 2014, Didahului Dengan Observasi Awal, Dilanjutkan Dengan Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Tindakan, Observasi Per Siklus Dan Diakhiri Dengan Evaluasi. Kegiatan Dilaksanakan Dengan 2 Siklus, Dengan Harapan Kemampuan Menulis Siswa Akan Meningkat. Dari Hasil Observasi Awal, Menunjukkan Sebagian Besar Siswa Kelas I SD Negeri 2 Bologarang Belum Mampu Menulis Dengan Baik Dan Benar, Baik Tulisan Tegak Lepas, Maupun Tegak Bersambung. Namun Setelah Menerapkan Penggunaan Contoh Dan Media Buku Tulis Bergaris Serta Pemberian Motivasi Per Siklusnya, Menunjukkan Bahwa Adanya Peningkatan. Hal Tersebut Dibuktikan Melalui Observasi Pra Siklus, Siklus I Dan Siklus II, Di Mana Pada Kondisi Awal Sebelum Dilaksanakannya Tindakan Atau Pra Siklus Nilai Rata-Rata Keterampilan Menulis Siswa 61,50 Dengan Prosentase Ketuntasan Klasikal Sebesar 30,0%, Siklus I Nilai Rata-Rata Keterampilan Menulis Siswa 69,00 Dengan Prosentase Ketuntasan Klasikal Sebesar 67,5% Dan Siklus II Nilai Rata-Rata Keterampilan Menulis Siswa Meningkat Menjadi 77,75 Dengan Prosentase Ketuntasan Klasikal Sebesar 90,0%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Media, Buku Tulis Bergaris.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Duta Perpustakaan UMS
Date Deposited: 31 Mar 2015 03:23
Last Modified: 31 Mar 2015 03:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32604

Actions (login required)

View Item View Item