Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Pembelajaran Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Metode Tai (Team Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Jipang Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015

KASANAH, KASANAH (2015) Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Pembelajaran Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Metode Tai (Team Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Jipang Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front page)
Halaman Depan.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Chapter I)
BAB I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Chapter II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Chapter III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Chapter IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Chapter V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (References)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Appendix)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (Manuscript publication)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (82kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IV SD Negeri I Jipang kecamatan Penawangan kabupaten Grobogan melalui model pembelajaran koooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization).. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas IV SD Negeri I Jipang kecamatan Penawangan kabupaten Grobogan yang berjumlah 42 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis komparatif dan teknik analisis kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar sub tema keberagaman budaya bangsaku melalui model pembelajaran koooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) efektif meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas IV SD Negeri I Jipang kecamatan Penawangan kabupaten Grobogan. Hal ini terbukti pada kondisi awal pra siklus nilai rata- rata siswa 53,58, siklus I nilai rata- rata siswa 60,10, siklus II nilai rata- rata siswa 69,53. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa kreativitas belajar pada sub tema keberagaman budaya bangsaku melalui model pembelajaran koooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan kreativitas bagi siswa kelas IV SD Negeri I Jipang kecamatan Penawangan kabupaten Grobogan tahun 2014/2015.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Duta Perpustakaan UMS
Date Deposited: 31 Mar 2015 01:37
Last Modified: 31 Mar 2015 01:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32600

Actions (login required)

View Item View Item