Peningkatan Minat Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi The Power Of Two Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pajang III No. 206 Surakarta Tahun 2014/2015

FAUZIYAH, Nurul (2015) Peningkatan Minat Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi The Power Of Two Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pajang III No. 206 Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN AWAL.pdf

Download (946kB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
1. NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui penerapan strategi The Power of Two pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III No. 206 Surakarta tahun 2014/2015. Jenis penelitian ini dalah Penelitian Tindakan Kelas dalam rumpun Penelitian Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Pajang III No. 206 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi, tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat belajar IPS melalui penerapan strategi The Power of Two. Peningkatan minat terlihat dalam 4 indikator yaitu kesukaan siswa dalam pembelajaran pada pra siklus sebesar 28,57% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 85,57%. Ketertarikan siswa dalam pembelajaran pada pra siklus sebesar 28,57% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 82,85%. Perhatian siswa dalam proses pembelajaran pada pra siklus sebesar 31,42% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 88,57%. Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran pada pra siklus sebesar 31,42% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 91,42%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi The Power of Two dapat meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III No. 206 Surakarta tahun 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, belajar, IPS, strategi The Power of Two
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 30 Mar 2015 08:52
Last Modified: 30 Mar 2015 08:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32599

Actions (login required)

View Item View Item