Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu Tahun Ajaran 2014/2015

SARI, Chandra Lukmana and , Drs. Achmad Fathoni, S.E., M.Pd (2015) Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab V)
BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD 03 Karanglo Tawangmangu Tahun Ajaran 2-14/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Objek penelitian adalah komunikasi interpersonal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data interaktif. Teknik analisis interaktif dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan guru yakni dengan menggunakan komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru dan siswa SD 03 Karanglo Tawangmangu sudah termasuk efektif karena secara garis besar siswa telah merasa mempunyai hubungan yang baik dengan guru, sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai yakni meningkatnya prestasi belajar siswa. Melalui komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru, diperoleh hasil bahwa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa .kelas IV SDN 03 Karanglo Tawangmangu Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, interpersonal, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 30 Mar 2015 08:42
Last Modified: 11 Oct 2021 20:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32597

Actions (login required)

View Item View Item