Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Sosiodrama Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Pada kelas v sd N Jetis 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015

Nur Baiti, Dina and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Sosiodrama Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Pada kelas v sd N Jetis 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Awal.pdf

Download (588kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi new.pdf

Download (290kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar melalui penerapan metode Sosiodrama Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V SD Negeri Jetis 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk memberi informasi bagaimana tindakan yang tepat untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini difokuskan pada tindakan- tindakan sebagai usaha untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Jetis 01 yang berjumlah 36 siswa, subjek pelaku tindakan guru (peneliti). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data secara interaktif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Indikator keaktifan belajar pada penelitian ini meliputi keaktifan siswa dalam membaca buku pelajaran, keaktifan siswa ketika penerapan metode, keaktifan siswa dalam diskusi, keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Hasil rata- rata keaktifan pada prasiklus menunjukkan presentase sebesar 50,27%. Pada siklus pertama mengalami peningkatan presentase keaktifan belajar sebesar 70,39%. Pada siklus kedua keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 85,40%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Sosiodrama dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan pada kelas V SD Negeri Jetis 01.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, belajar, sosiodrama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 30 Mar 2015 08:35
Last Modified: 11 Oct 2021 20:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32596

Actions (login required)

View Item View Item