Studi Kasus Anak Hiperaktif dan Usaha Guru Dalam Memusatkan Perhatian Belajar Siswa di MI Muhammadiyah Ceporan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015

Haryantiningsih, Rina and , Drs. H. Mulyadi, M.Pd (2015) Studi Kasus Anak Hiperaktif dan Usaha Guru Dalam Memusatkan Perhatian Belajar Siswa di MI Muhammadiyah Ceporan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (865kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku hiperaktif pada siswa MI Muhammadiyah Ceporan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015. (2) menunjukkan usaha - usaha yang dilakukan guru dalam memusatkan perhatian belajar siswa di MI Muhammadiyah Ceporan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan desain peneliannya adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa hiperaktif di MI Muhammadiyah Ceporan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Faktor yang mempengaruhi perilaku hiperaktif pada siswa MI Muhammadiyah Ceporan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015 yaitu : dikarenakan anak mengalami kelainan pada otak, perlakuan orangtua di rumah, faktor lingkungan dan teman sebaya. (2) Usaha - usaha yang dilakukan guru dalam memusatkan perhatian belajar siswa hiperaktif di MI Muhammadiyah Ceporan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/ 2015 yakni: dalam bentuk bimbingan klasikal melalui pemberian hadiah, pujian, menciptakan suasana belajar menyenangkan dalam bentuk permainan, tidak memberikan waktu luang kepada siswa untuk asyik sendiri, mengembangkan sikap sosial, serta dalam bentuk individu atau konseling meliputi memberikan perhatian khusus, menasihati dengan pelan, menempatkan siswa pada posisi duduk paling depan, membina komunikasi, melakukan pendekatan serta menggunakan kalimat efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hiperaktif, perhatian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 30 Mar 2015 07:53
Last Modified: 11 Oct 2021 19:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32593

Actions (login required)

View Item View Item