Peningkatan Partisipasi Aktif Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Sub Tema Tugas–Tugas Sekolahku Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Ii Sdn Durensawit 02 Kecamatan Kayen Tahun 2014/2015

UTAMI, IIS IDA (2014) Peningkatan Partisipasi Aktif Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Sub Tema Tugas–Tugas Sekolahku Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Ii Sdn Durensawit 02 Kecamatan Kayen Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front page)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (934kB)
[img] PDF (Chapter I)
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Chapter II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Chapter III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Chapter IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] PDF (Chapter V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (References)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Appendix)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Manuscript publication)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (666kB)

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Dalam Pembelajaran Tematik Sub Tema Tugas-Tugas Sekolahku Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek Dari Penelitian Ini Adalah Guru Dan Siswa Kelas II SD Negeri Durensawit 02 Yang Berjumlah 23 Siswa Yang Terdiri Dari 7 Siswa Laki – Laki, Dan 16 Siswa Perempuan. Obyek Dari Penelitian Ini Adalah Partisipasi Aktif Siswa Melalui Metode Problem Based Learning. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Model Analisis Interaktif Yang Terdiri Dari Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Kesimpulan Atau Verifikasi. Berdasarkan Hasil Penelitian Menunjukkan Adanya Peningkatan Partisipasi Aktif Pembelajaran Tematik Yang Berdampak Pada Hasil Belajar Siswa. Peningkatan Partisipasi Terlihat Dalam 4 Indikator Yaitu Antusias Siswa Dalam Menerima Pelajaran Meningkat Dari Pra Siklus Sebesar 34, 78%, Siklus I Sebesar S 56, 52%, Dan Siklus II 78, 26%. Kemauan Mendengarkan Penjelasan Dari Guru Meningkat Dari Pra Siklus Sebesar 39, 13%, Siklus I Sebesar 60, 87%, Dan Siklus II Sebesar 78, 26%. Keberanian Menjawab Pertanyaan Dari Guru Atau Siswa Lain Yaitu Meningkat Dari Pra Siklus Sebesar 30, 43%, Siklus I Sebesar 60, 87%, Dan Siklus II Sebesar 78, 26%. Kemauan Mengerjakan Soal Latihan Yang Diberikan Oleh Guru Meningkat Dari Pra Siklus Sebesar 43, 48%, Siklus I Sebesar 65, 22%, Dan Siklus II Sebanyak 19 Atau Sebesar 82, 61%. Peningkatan Pemahaman Konsep Tematik Dibuktikan Dengan Hasil Belajar Siswa Yang Diperoleh Data Pada Pra Siklus Sebesar 43, 48% Mengalami Ketuntasan, Siklus I Sebesar 65, 22% Mengalami Ketuntasan, Pada Siklus II Sebesar 78, 26%. Kesimpulan Penelitian Ini Adalah Bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Partisipasi Aktif Dalam Pembelajaran Tematik Sub Tema Tugas-Tugas Sekolahku Pada Siswa Kelas 2 SD N Durensawit 02 Kecamatan Kayen Tahun Pelajaran 2014/2015

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran problem Based Learning, partisipasi aktif, pemahaman konsep pembelajaran tematik yang berdampak pada hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Duta Perpustakaan UMS
Date Deposited: 30 Mar 2015 02:27
Last Modified: 30 Mar 2015 02:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32579

Actions (login required)

View Item View Item