Upaya Meningkatkan Percaya Diri Dalam Pembelajaran Subtema Bermain Di Lingkungan Rumah Melalui Project Based Learningpada Siswa Kelas Ii Semester I Sdn 5 Gundih Tahun Pelajaran 2014/2015

APRILIANI, KUSUMANINGTYAS (2014) Upaya Meningkatkan Percaya Diri Dalam Pembelajaran Subtema Bermain Di Lingkungan Rumah Melalui Project Based Learningpada Siswa Kelas Ii Semester I Sdn 5 Gundih Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front page)
03 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (510kB)
[img] PDF (Chapter I)
04 BAB I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Chapter II)
05 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Chapter III)
06 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] PDF (Chapter IV)
07 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] PDF (Chapter V)
08 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (References)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Appendix)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Manuscript publication)
02 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa melalui project based learning siswa kelas II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjekpenelitianberjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan catatan lapangan yang diambil dengan menggunakan analisis data dan penelitian dengan cara analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan percaya diri yang dapat dilihat pada indikator-indikator percaya diri yang mencakup 1) Indikatorberanipresentasi di depanke las, 2) Beraniberpendapat, 3) Melakukankegiatantanparagu, 4) Membuatkeputusandengancepat, 5) Tidak mudah putus asa. Terlihat dalam pencapaian indicator yang mengalamipeningkatandariprasiklus, sampaisiklus II. Dari rata-rata hanya 16%, naik menjadi 58% pada siklus I, dan menjadi 87% pada akhir siklus. Simpulan penelitian ini adalah bahwa melalui metode project based learning dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas II SD Negeri 5 Gundih.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: percaya diri, project based learning, penelitian kualitatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Duta Perpustakaan UMS
Date Deposited: 30 Mar 2015 02:03
Last Modified: 30 Mar 2015 02:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32578

Actions (login required)

View Item View Item