Peningkatan Disiplin Belajar Dalam Pembelajaran Tema Aku Dan Sekolahanku Melalui Metode Take And Give Pada Siswa Kelas 2 Sd Negeri Kecil Tuko , Pulokulon, Grobogan Tahun 2014/2015

Winarni, Winarni and , Dr. Samino MM (2014) Peningkatan Disiplin Belajar Dalam Pembelajaran Tema Aku Dan Sekolahanku Melalui Metode Take And Give Pada Siswa Kelas 2 Sd Negeri Kecil Tuko , Pulokulon, Grobogan Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (245kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (453kB)
[img] PDF (Bab I)
04 BAB I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
06 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
07 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab V)
08 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan metode take and give dalam meningkatkan disiplin belajar siswa dalam pembelajaran tema aku dan sekolahanku. (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan disiplin belajar siswa dalam pembelajaran tema aku dan sekolahanku. Subjek penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas II SD Negeri Kecil Tuko yang berjumlah 11 anak . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode wawancara, metode observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, peningkatan disiplin belajar dalam pembelajaran tema aku dan sekolahanku melalui metode take and give pada siswa kelas II SD Negeri Kecil Tuko, Pulokulon, Grobogan tahun 2014/2015” peneliti menarik kesimpulan: 1. Penerapan metode take and give untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SD Negeri Kecil Tuko mengalami peningkatan. Pada pra siklus disiplin belajar siswa hanya 27,72 % yaitu hanya 5 siswa yang memiliki disiplin belajar yang tinggi. Siklus I disiplin belajar siswa meningkat menjadi 59,09 % (6siswa), sementara pada siklus II 78,18% (8 siswa). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa metode take and give dapat meningkatkan disiplin belajar siswa kelas II SD Negeri Kecil Tuko , 2. Untuk guru dalam pembelajaran dengan menerapkan metode take and give juga mengalami peningkatan, dari tahap pra siklus, 70% pada siklus I, dan siklus II meningkat menjadi 90%. Berdasarkan kesimpulan terbukti bahwa hasil dari penelitian setiap indikatornya dapat terpenuhi dengan hasil Berkembang Sangat Baik (BSB).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disiplin belajar, metode, Take and Give
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 27 Mar 2015 08:45
Last Modified: 15 Oct 2021 02:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32577

Actions (login required)

View Item View Item