Strategi Dinas Sosial, Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Dalam Mengurangi Angka Pengangguran Melalui Job Fair Di Kabupaten Boyolali

SARI, DEVINA WIDA ARUM and , Drs. Ma'ruf, MM (2015) Strategi Dinas Sosial, Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Dalam Mengurangi Angka Pengangguran Melalui Job Fair Di Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (295kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] PDF (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)

Abstract

Jumlah pencari kerja yang masih menganggur di Kabupaten Boyolali selalu meningkat setiap tahunnya. Masalah penggangguran ini perlu diselesaikan. Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Boyolali menggunakan berbagai strategi untuk memberikan pelayanan terhadap para pencari kerja. Salah satu strategi tersebuta dalah menggelar bursa kerja (job fair). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Boyolali melalui job fair. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatifuntuk mengungkapkan suatu fenomena sebagaimana apa adanya. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif jenis interaktif dengan proses pengumpulan data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan sebagai suatu proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Boyolali melalui Job Fair dilaksanakan melalui kegiatan yang bertajuk Boyolali Job Market Fair. Tujuan pelaksanaan Boyolali Job Market Fair ini adalah memberikan informasi kepada pencari kerja (penganggur, setengah penganggur maupun yang sudah bekerja) mengenai lowongan pekerjaan yang ada. Sasaran dari Job Fair adalah sebagai berikut: penganggur yang belum bekerja maupun yang sudah bekerja untuk mencari kerja, membantu perusahaan mendapatkan tenaga kerja yang sesuai kebutuhan jabatan, mengurangi angka pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja. 3) Manajemen strategi pelaksanaan Boyolali Job Market Fair dilaksanakan dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan perencanaan dilakukan 4 bulan sebelum pelaksanaannya Boyolali JMF. Beberapa hal yang direncanakan lain adalah waktu penentuan pelaksanaan, tempat pelaksanaan, serta alokasi biaya. Pelaksanaan Boyolali Job Market Fair dilakukan oleh panitia yang terdiri dari unsur dari Dinsosnakertrans dibantu oleh konsultan dari Universitas Sebelas Maret Surakarta. Evaluasi terhadap penyelenggaraan Boyolali Job Market Fair dilakukan oleh Dinsosnakertrans dengan mengecek laporan yang masuk dari panitia JMF dan meminta laporan dari perusahaan. Evaluasi juga dilaksanakan terhadap jumlah pencari kerja yang memasukkan lamaran di Boyolali JMF dengan jumlah pencari kerja yang diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, pengangguran, manajemen strategi, job fair
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2015 06:20
Last Modified: 11 Oct 2021 08:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32543

Actions (login required)

View Item View Item