Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008 - 2012

PRABASWARA, HAYUNDA (2014) Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008 - 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (355kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (352kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, dan Total Asset Turnover dalam mempengaruhi Perubahan Laba pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008 – 2012. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (Adjusted R2). Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Sumber data tersebut berdasarkan laporan keuangan Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008 – 2012. Melalui teknik Purposive Sampling diperoleh sampel sebanyak 8 Perusahaan Food and Beverages untuk 5 tahun, sehingga diperoleh 40 sampel. Berdasarkan hasil penelitian uji F dapat diketahui variabel Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, dan Total Asset Turnover secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Perubahan Laba. Hasil analisis uji t diketahui variabel Debt to Equity Ratio berpengaruh signifikan terhadap variabel Perubahan Laba, hal tersebut dapat terjadi karena proporsi Total Hutang semakin besar dibandingkan dengan Total Modal Sendiri sehingga berdampak besar tanggung jawab perusahaan kepada pihak luar. Variabel Current Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Perubahan Laba. Hal tersebut dapat terjadi karena Current Ratio yang tinggi belum tentu menunjukkan kemampuan perusahaan untuk membayar Kewajiban Lancarnya. Net Profit Margin tidak berpengaruh signifikan terhadap Perubahan Laba. Hal tersebut dapat terjadi karena keuntungan perusahaan dari hasil Penjualan lebih digunakan untuk membayar hutang perusahaan daripada menambah Modalnya atau dapat terjadi karena adanya kenaikan Penjualan yang diikuti dengan kenaikan Harga Pokok Penjualannya. Total Asset Turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap Perubahan Laba. Hal tersebut dapat terjadi karena sebagian besar perputaran Aktivanya menunjukkan hasil perputaran yang lambat dan dapat terjadi karena perusahaan banyak menginvestasikan Aktivanya pada Aktiva Tetap. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel Debt to Equity Ratio memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap variabel Perubahan Laba. Hasil – hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian Syamsudin dan Ceky Primayuta (2009), Aulia Dian Cahyani (2012), Fatmawaty Ahmad (2013), Siti Amiyanti (2013), Lis Setia Ningsih (2014), dan Nunung Indriastuti (2014).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Laba, Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, Total Asset Turnover
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Duta Perpustakaan UMS
Date Deposited: 25 Mar 2015 01:33
Last Modified: 25 Mar 2015 01:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32531

Actions (login required)

View Item View Item