Pendidikan Islam Non Formal (Studi Kasus tentang Peran Takmir Masjid Nurul Huda Putat, Keyongan, Nogosari, Boyolali 2014)

Hidayati, Laila Nur and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2014) Pendidikan Islam Non Formal (Studi Kasus tentang Peran Takmir Masjid Nurul Huda Putat, Keyongan, Nogosari, Boyolali 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (578kB)

Abstract

Pendidikan adalah kegiatan yang harus dilakukan manusia, karena dengan adanya pendidikan manusia mengetahui apa yang belum diketahui. Dengan adanya pendidikan manusia dapat berfikir cerdas. Karena pendidikan agama, sangat penting yang dimiliki manusia sebagai seorang muslimdengan ilmu inilah agama seseorang akan selamat hidupnya diakherat. Pendidikan Islam Non Formal adalah dipakai untuk menyebutkan kegiatan Pendidikan organisasi sistematis, yang berlangsung diluar kerangka sistem Pendidikan Non Formal untuk menyediakan aneka ragam pembelajaran tertentu pada kelompok penduduk tertentu baik dari golongan desawa maupun remaja. Ada permasalahan dalam penelitian adalah kegiatan apa yang dilaksanakan, Siapa yang akan melakukan, Kapan dilaksanakan, Dimana dilaksanakan. Dan Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pelaksanaan Pendidikan Non Formal Islam di Masjid Nurul Huda Putat Kenyongan Nogosari, Boyolali. Jenis penelitian lapangan ( khualitatif ). Tujuan penelitian adalah Pendidikan Islam Non Formal di Masjid (Studi Kasus Tentang Peran Takmir Masjid Nurul Huda Putat, Keyongan, Nogosari, Boyolali 2014 ) Putat, Keyongan Nogosari, Boyolali.Metode pengumpulan data : a.Observasi atau Pengamatan Adalah kegiatan mengamati dan mencermati serta melakukan pencatatan data atau informasi yang sesuai dengan konteks penelitian. b.Wawancara adalah Tehnik pencarian data atau informasi mendalam yang diajukan kepada responden atau informan dalam bentuk pertanyaan susulan setelah tehnik angket dalam bentuk pertanyaan lisan. c.Dokumentasi yakni penelusuran dan perolehan data yang diperlukan melalui data yang telah tersedia. Kesimpulandapat diambil dari Pendidikan Islam Non Formal di Masjid Nurul Huda adalah pertama Pelaksanaan Program yang diadakan Masjid Nurul Huda berjalan baik. Kedua Perencanaan Program, yang diadakan Masjid Nurul Huda berjalan baik, hal tersebut tidak terlepas dari pendidikan non formal. Ketiga Pendidik di Masjid Nurul Huda mempunyai pemimpin yang baik, dalam melakukan kegiatan atau pengajaran di dalam Pendidikan Islam Non Formal seperti : TPA ( Taman Pendidikan Al-Qur’ an ). Keempat Pendidikan di Masjid Nurul Huda Putat Kenyongan Nogosari, Boyolali. tidak memandang umur, tapi sebagian besar pendidikan yang dilakukan dari anak kelas 1 MI sampai kelas 6 MI, dan sebagian besar mereka sudah tidak mengikuti kegiatan seperti : kajian remaja Masjid, karang taruna dll.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Non Formal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2015 07:20
Last Modified: 19 Oct 2021 14:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32523

Actions (login required)

View Item View Item