Citra Perempuan Tokoh Utama Dalam Novel Lasmi Karya Nusya Kuswantin: Tinjauan Feminisme Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma

Kunyarawati, Oneng Utama and , Main Sufanti,M.hum (2014) Citra Perempuan Tokoh Utama Dalam Novel Lasmi Karya Nusya Kuswantin: Tinjauan Feminisme Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (373kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)

Abstract

Tujuan penelitian ada ini tiga: (1) Mendeskripsikan struktur novel Lasmi karya Nusya Kuswantin, (2) Mendeskripsikan citra perempuan tokoh komplek dalam novel Lasmi karya Nusya Kuswantin, dan (3) Mendeskripsikan implementasi citra perempuan tokoh utama dalam novel Lasmi karya Nusya Kuswantin sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa kata, kalimat, dan ungkapan citra perempuan oleh Nusya Kuswantin sebagai penulis novel Lasmi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pusaka, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan metode pembacaan model semiotik yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil Penelitian ini ada 3: (1) Struktur Novel Lasmi diketahui tema novel ini tentang perjuangan seorang perempuan meningkatkan taraf hidup masyarakat dan perilaku tidak berperikemanusiaan supaya tidak terjadi di Indonesia ini. Latar tempat terjadi di Tulungagung, Malang, Jawa Timur Latar waktu terjadi sekitar lima tahun Latar sosial terjadi di masyarakat Tulungagung Malang Jawa Timur ekonomi kehidupan masyarakat saat itu rata – rata kurang mampu (2) Analisis Citra perempuan dari tinjauan feminisme novel Lasmi karya Nusya Kuswantin menunjukkan adanya persamaan kedudukan atau derajat antara perempuan dan laki-laki baik dalam rumah tangga maupun dalam masyarakat. (3) Iplementasi citra perempuan dengan pembelajaran sastra mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA atau sebagai bahan ajar di SMA adalah 1. Melatih kemandirian, 2. Mempunyai rasa tanggung jawab, 3. Mengajarkan untuk bersikap adil dan 4. Mempunyai sifat tolong menolong sesama manusia memberikan contoh adanya kemandirian, rasa tanggung jawab juga mengajarkan untuk bertindak adil terhadap sesama.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Citra perempuan novel Lasmi feminisme, bahan ajar sastra di SMA.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2015 04:50
Last Modified: 19 Oct 2021 23:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32518

Actions (login required)

View Item View Item