Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Pakaian Batik

Amin, Ahmad Choirul and , Husni Thamrin, S.T, M.T, Ph.D and , Dedi Ary Prasetya, S.T (2014) Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Pakaian Batik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di era modern sekarang ini perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadikan fungsi dari teknologi itu sendiri menjadi semakin bervariasi dan luas. Salah satunya adalah penggunaan teknologi Augmented Reality yang saat ini sedang berkembang. Maka pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang pembuatan sistem Augmented Reality untuk pakaian batik. Tujuannya adalah agar diperoleh sebuah media promosi baru yang lebih menarik dengan memanfaatkan teknologi ini. Pembuatan sistem ini dimulai dengan pengumpulan data, analisa kebutuhan sistem, dan pembuatan objek 3D pakaian batik. Kemudian dilanjutkan dengan tahap perancangan skenario dan pembuatan sistem Augmented Reality serta penyisipan objek 3D ke dalam sistem. Pembuatan sistem ini menggunakan aplikasi Total Immersion-D’Fusion Studio sebagai aplikasi pembangun sistem AR dan menggunakan Marker yang berupa barcode sebagai media pelacakan dan pemicu untuk menjalakan objek 3D. Hasilnya dengan sistem ini penyampaian informasi tentang pakaian batik lebih menarik karena pengguna berinteraksi langsung dengan sistem sebagai media promosi. Pengguna berdiri di depan layar monitor yang dilengkapi kamera dengan jarak antara pengguna dan kamera dalam kisaran 80 cm s/d 120 cm. Kamera dilengkapi dengan pencahayaan yang baik, sumber cahaya dari sisi belakang kamera sehingga objek yang ditangkap kamera dapat terlihat dengan baik dan jelas. Pengguna menempatkan marker di dada, maka secara otomatis sistem akan melakukan pelacakan kecocokan antara marker yang terdeteksi kamera dengan data marker yang dimiliki sistem. Apabila marker cocok maka sistem akan secara otomatis menampilkan objek model pakaian batik berbasis 3D. Pengguna juga dapat menyesuaikan posisi objek 3D pakaian batik dengan menyesuaikan posisi marker pada badan, marker dapat dirotasi/diputar maksimal sejauh 45° ke kanan dan maksimal sejauh 45° ke kiri dengan posisi atas marker tetap. Sedangkan untuk melihat bagian belakang objek pakaian batik 3D pengguna dapat membalikkan posisi atas marker menjadi di bawah dengan posisi depan marker tetap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Total Immersion-D’Fusion Studio, Pakaian Batik.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Mar 2015 05:03
Last Modified: 05 Nov 2022 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32517

Actions (login required)

View Item View Item