Representasi Kuasa Maskulinitas dalam Iklan Rokok Djarum Super (Studi Semiotika Representasi Kuasa Maskulinitas dalam Iklan Rokok Djarum Super My Life My Advanture)

Haryanto, Ibnu Dwi and , Fajar Junaedi, S.Sos.,M.Si and , Palupi, M.A (2014) Representasi Kuasa Maskulinitas dalam Iklan Rokok Djarum Super (Studi Semiotika Representasi Kuasa Maskulinitas dalam Iklan Rokok Djarum Super My Life My Advanture). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (336kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN DEPAN.pdf

Download (707kB)
[img] PDF (BAB I)
04_BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] PDF (BAB II)
05_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (BAB III)
06_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] PDF (BAB IV)
07_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] PDF (BAB V)
08_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)

Abstract

Perkembangan dunia bisnis dan industri di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang semakin pesat. Perkembangan dunia bisnis dan industri menimbulkan adanya persaingan dalam meraih konsumen. Salah satu langkah untuk menarik hati konsumen, perusahaan menggunakan media iklan. Iklan Rokok Djarum Super My Live My Adventure muncul sebagai upaya untuk mengangkat produk rokok Djarum Super ditengah persaingan produk-produk rokok sejenis. Banyaknya iklan-iklan tentang rokok menyebabkan produsen iklan harus membuat berbagai variasi dan inovasi agar iklan yang diproduksi mampu menimbulkan image tertentu yang mampu diingat oleh masyarakat. Salah satu image yang ingin ditampilkan pada iklan rokok Djarum Super My Live My Adventure adalah representasi maskulinitas dengan penggambaran iklan yang banyak menampilkan sosok lelaki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi kuasa maskulinitas dalam iklan rokok Djarum super My Life My Advanture. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metodologi semiotika komunikasi. Objek penelitian adalah iklan rokok Djarum super My Life My Advanture. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika Roland Barthes. Berdasarkan hasil analisis penelitian, maka disimpulkan : (1) representasi maskulinitas dalam iklan rokok Djarum Super My Live My Adventure terbagi dalam dua representasi yaitu penampilan fisik laki-laki maskulin dan atribut pendukung yang melambangkan maskulinitas, (2) representasi penampilan lakilaki maskulin dalam iklan rokok Djarum Super My Live My Adventure meliputi dada bidang, rambut cepak, rambut mohawk, dan sorot mata tajam, (3) representasi pendukung yang melambangkan maskulinitas dalam iklan rokok Djarum Super My Live My Adventure meliputi atribut pakaian, sikap pantang menyerah, (4) jenis olah raga yang dilakukan, (5) penggunaan representasi maskulinitas pada iklan rokok Djarum Super My Live My Adventure oleh pengiklan ditunjukkan untuk menunjukkan produk rokok Djarum Super yang memiliki cita rasa lelaki yaitu mantap, serta ingin menunjukkan image orang yang merokok Djarum Super sebagai pribadi laki-laki yang macho, berani, pantang menyerah, dan keras.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Kuasa, Maskulinitas, Iklan
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2015 01:58
Last Modified: 16 Oct 2021 02:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32500

Actions (login required)

View Item View Item