Strategi Promosi Madrasah Ibtidaiyah Roudlotuzzahidin Karanganom dalam Meningkatkan Jumlah Siswa pada Tahun Pelajaran 2013/2014

Hakim, Lutfil and , M. Toharuddin, S.Pd., MA. and , Budi Santoso, S.Sos, M.Si (2014) Strategi Promosi Madrasah Ibtidaiyah Roudlotuzzahidin Karanganom dalam Meningkatkan Jumlah Siswa pada Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH-PUBLIKASI.pdf

Download (372kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (491kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB)

Abstract

Promosi merupakan salah satu sarana untuk memperkenalkan sebuah produk yang berupa barang atau jasa kepada konsumen. Promosi dapat berupa iklan atau kegiatan promosi berbayar yang bertujuan memperkenalkan produk dan menarik minat calon konsumen untuk membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan. Promosi juga dapat berupa kegiatan sosial di masyarakat sehingga masyarakat mampu melihat dan merasakan langsung manfaat dari produk yang ditawarkan. Penelitian ini berupaya mengkaji strategi promosi yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah Roudlotuzzahidin, Kunden, Karanganom, Klaten untuk meningkatkan jumlah siswanya pada tahun pelajaran 2013/2014. Sejak tahun ajaran 2009/2010, Madrasah Ibtidaiyah Roudlotuzzahidin melakukan berbagai upaya promosi untuk meningkatkan jumlah siswa baru yang mendaftar ke sekolah ini. Promosi dilakukan dengan dua cara, yaitu: melalui iklan dan kegiatan kemasyarakatan. Promosi melalui iklan dilakukan dengan mengiklankan diri di radio-radio lokal agar masyarakat lebih memahami visi, misi dan keunggulan yang dimiliki Madrasah Ibtidaiyah Roudlotuzzahidin sehingga masyarakat tertarik untuk mendaftarkan anak-anaknya ke sekolah ini. Selain itu, iklan juga dilakukan dengan memasang spanduk, poster, dan baliho di beberapa ruas jalan yang strategis dan sesuai dengan masyarakat yang menjadi target iklan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh pihak Madrasah Ibtidaiyah Roudlotuzzahidin berpengaruh positif terhadap peningkatan jumlah siswa di sekolah ini sejak tahun pelajaran 2009/2010. Hal ini dibuktikan dengan terus meningkatnya jumlah pendaftar baru yang bersekolah di sekolah ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Iklan, Peningkatan Jumlah Siswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 23 Mar 2015 08:54
Last Modified: 19 Oct 2021 00:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32494

Actions (login required)

View Item View Item